SMP dan SMK Nurul Ma’arif Sintang Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila - NURMASINTANG.COM

NURMASINTANG.COM

Menyajikan Informasi Seputar Yayasan Pondok Pesantren Agropolitan Nurul Ma'arif Sintang

nurmasintang.com

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, September 30, 2019

SMP dan SMK Nurul Ma’arif Sintang Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila




www.nurmasintang.com – SMP dan SMK Nurul Ma’arif Sintang menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, pada Selasa (1/10/2019) pagi. Direktur Yayasan Pondok Pesantren Agropolitan Nurul Ma’arif Sintang, Muhammad Faisal M.M.Pd bertindak sebagai inspektur upacara.



Muhammad Faisal menyampaikan, pancasila tidak bisa lepas dalam negara kita karena pancasila merupakan ideologi Negara Indonesia, meskipun hanya lima poin yang terdapat dalam pancasila tetapi mempunyai banyak makna yang terkandung dalam pancasila tersebut.


“Perumusan pancasila bukanlah hal yang mudah dan hanya dirumuskan secara sembarangan saja oleh para pahlawan-pahlawan terdahulu kita, tetapi mempunyai makna yang dalam dan menyangkut semua bangsa Indonesia hingga lahirlah ideologi negara Indonesia yaitu pancasila,” tuturnya.



Muhammad Faisal menyampaikan, lima sila yang terdapat dalam pancasila seharusnya bisa diterapkan dalam berbangsa dan bernegara, mengingat pancasila adalah tujuan negara yang memiliki nilai luhur. Menurutnya, agar pancasila di negara Indonesia bisa diterapkan dengan baik, dapat dimulai dari ruang lingkup yang sederhana, seperti lingkungan sekitar rumah yakni saling tolong menolong dengan tetangga, bermusyawarah dalam memecahkan masalah demi tercapainya mufakat, menjaga kerukunan antar tetangga dan hal-hal positif sederhana lainnya.


“Lalu bagaimana dengan kita selaku siswa di sekolah, sebagai siswa di sekolah dengan cara rajin belajar, menaati peraturan sekolah, menghormati guru, dan disiplin. Bayangkan jika semua orang menerapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam pancasila, diawali dari lingkungan keluarga, sekolah, sampai negara. Maka kami yakin negara akan menjadi tentram dan sejahtera. Sebenarnya selain yang kami sebutkan di atas ada banyak lagi nilai positif yang dapat kita petik dari pancasila dan dari sejarah hari kesaktian pancasila ini. Mari kita terapkan pancasila, cintai bangsa Indonesia, bahasa dan budaya Indonesia agar Negara Indonesia kita dapat menjadi aman, damai, tentram dan sejahtera,” pesannya.

(Sukardi)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad